Web [Katanya] 140 M

Sudah lama saya ga posting. Kebetulan ada tema menarik yang lagi HOT. Berawal dari postingan di laman facebook yang berisi link di sebuah situs muncul berita yang menurut saya luar biasa. Web seharga 140 M.

rm4

karena penasaran saya coba mengunjungi alamat web tersebut dan inilah yang  saya dapatkan

Screenshot_2015-08-25-19-48-16

Loh…ko web nya kehabisan bandwidth bulanan? Berdasarkan pengalaman saya ini karena kehabisan kuota bulanan. Jika kita sewa hosting ada kuota bandwidth bulanan yang dipatok berdasarkan Harga sewanya. Karena penasaran saya coba googling seputar web ini.  Lalu mendaratlah di laman ini –> http://news.okezone.com/read/2015/08/24/337/1201359/kemenko-pmk-luncurkan-website-revolusi-mental

JAKARTA – Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) meluncurkan websiterevolusi mental dengan alamat www.revolusimental.go.id.

Peluncuran website dilakukan langsung oleh Menko PMK, Puan Maharani di Gedung Heritage Kemenko PMK, usai pelaksanaan upacara Gerakan Nasional Revolusi Mental.

“Ini salah satu hal yang kami lakukan berkaitan dengan gerakan revolusi mental yang kemarin memang sudah ditegaskan oleh Presiden untuk diteruskan,” ujar Puan, Senin (24/8/2015).

Sementara Deputi Menko PMK Bidang Koordinasi Kebudayaan, Haswan Yunaz menyebutkan, konten website revolusi mental tersebut berisi beragam informasi, mulai dari masalah perangkat hukum hingga pendapat dari tokoh nasional.

“Kontennya ada masalah perangkat hukum, model-model keteladan, informasi-informasi revolusi mental, pendapat masyarakat, dan statemen tokoh nasional,” jelasnya.

Puan berharap, dengan adanya website, masyarakat bisa lebih mengetahui tentang revolusi mental. Selain itu, ke depannya, ucap Puan, website ini akan disosialisasikan dengan baik untuk masyarakat.

“Kami berharap, ini salah satu hal yang bisa dilakukan. Adanya website masyarakat bisa melihat. Ke depannya akan disosialisasikan dengan baik karena ini memang gerakan nasional. Sehingga, tidak hanya di Kemenko PMK, tapi dimulai Kemenko PMK karena Kemenko PMK yang ditugaskan Presiden untuk membuat gerakan hidup baru guna meningkatkan sumber daya manusia,” pungkas Puan. (ira)

(sus)

Oke jadi web ini sudah launching tanggal 24 Agustus. SAya kok ketinggalan info ya..hehe…sehingga saya ga sempat melihat tampilannya. Karena penasaran saya coba cek siapa di balik web ini saya cek whois
rm2
Domain revolusimental.go.id ternayat baru dibuat tanggal 21 Agustus 2015 dan 4 hari kemudian sudah launching. Server nya pun sepertinya dititip di perusahaan hosting. Saya curiganya sih pake shared hosting karena bandwidthnya ga cukup untuk serangan nasional. Padahal setau saya dengan  harga 500 ribu sudah dapat web hosting (shared) dengan kuota bulanan UNLIMITED. Ini juga terlihat di di hasil pengecekan whois dengan melihat Name Server (NS) yang digunakan.
rm3
Dari beberapa sumber tidak ada yang menyebutkan pasti biaya pembuatannya. Ada yang bilang 140 M itu bukan hanya web tapi juga pembuatan media lain. Tapi beberapa netizen menyatakan walaupun sepersekian dari 140 M tetap saja terlalu mahal dengan melihat fitur yang ada. Beberapa netizen mengungkapkan web yang dibuat itu hanya menggunakan CMS dengan beberap plugin berbayar.
Meskipun harganya tidak sefantastis yang digemborkan bagi saya ini sudah  teerlaaluu. Bagaimanapun ini adalah web pemerintah (karena domainnya sudah pake GO ID)
Keeseokan  harinya web ini sudah aktif dengan tampilan permohonan maaf bahwa server akan diupgrade. Walaupun saya pribadi berpendapat baru akan memindahkan dari perusahaan hosting dan belum tahu akan dipindah kemana.
Saya mencari penjelasan ada apa dengan web ini dan dapat berita ini –> http://www.merdeka.com/peristiwa/kemenko-pmk-situs-revolusimentalgoid-tak-aktif-diserang-hacker.html

Merdeka.com – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani telah meluncurkan situs revolusi mental www.revolusimental.go.id, Senin (24/8) kemarin. Namun, sehari setelah diluncurkan situs tersebut tak bisa diakses.

Merdeka.com sempat mencoba membuka situs tersebut sekitar pukul 19.30 Wib. Tetapi, apabila website tersebut diakses akan terdapat keterangan bahwa situs sedang mengalami gangguan atau error. Hingga pukul 20.00 Wib tersebut belum bisa dibuka.

Hanya terdapat tulisan, “Mohon Maaf. Karena antusiasme masyarakat yang begitu tinggi, server mengalami overload. Untuk itu, kami sedang dalam proses upgrade server. Terima kasih untuk dukungan dan partisipasinya. Admin. Salam Revolusi Mental.”

Saat coba dikonfirmasi, pengelola situs yang juga pegawai di Kemenko PMK Achmad Gunawan berdalih situs tersebut mengalami gangguan akibat adanya serangan. Untuk mengantisipasi, tim teknik memutuskan untuk mematikan sementara situs tersebut.

“Saat ini masih gangguan, tetapi masih aktif. Semalam alami gangguan karena diserang juga, tim sempat memutuskan untuk shutdown pukul 01.00 WIB,” ujar Gunawan saat dihubungi via telepon, Rabu (26/8).

 

Apa benar diserang hacker? Saat saya mengunjungi sepertinya itu akibat bandwidth melebihi kuota bulanan. Masa iya hacker? Hacker biasanya justru lebih senang melakukan deface.

Tak lama kemudian web tak bisa diakses lagi

rm

 

Sepertinya tim admin sudah memindahkannya ke tampat lain, namun entah k server mana atau hanya pindah web hosting. Mudah-mudahan ke server sendiri atau paling tidak sewa collocation lah.

Mudah-mudahan kinerja web nya semakin oke setelah pindah rumah. Mudah-mudahan juga yang pake GO ID lebih aware kalo web nya akan diakses se-Indonesia dan mementingkan proses analisis dan uji coba sebelum launching.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *