Eagle Eye:MMDB review

Sejak awal film dimulai, teknologi canggih sudah mulai muncul di adegan film ini, bahkan sebelum pemeran utama, Shia Leboouff (Jerry Shaw) muncul. Diawali dengan adegan face recognition melalui handphone dan pengenalan suara. Sebuah sistem komputer canggih mencoba mencocokan tersangka terorisme melalui teknologi pengenalan wajah dan juga pengenalan suara. Lebih dari itu sistem komputer canggih yang bernama ARIIA ini mampu menganalisa masalah dan memerikan rekomendasi serangan. Inilah yang menjadi awal cerita petualangan tokoh utama Jerry Shaw.

Teknologi lain yang muncul di film ini adalah pengenalan sidik jari. Meskipun bukan hal yang luar biasa bahkan untuk di Indonesia. Perbedaan yang muncul di film ini adalah untuk dapat mengenali sidik jari mereka tidak perlu mengirim sample sidik jari ke laboratorium atau sejenisnya, mereka cukup menggunakan sebuah alat portable khusus dan menempelkan jari pada alat tersebut dan alat itupun menampilkan data dari pemilik sidik jari.

Barulah di pertengahan film tokoh utama ARIIA yang sebelumnya hanya muncul berupa suara di telepon menunjukan kehebatan lainnya. ARIIA menunjukan bagaimana ia bisa mengenal Jerry Shaw dan Rachel Hollowman melalui analisa data yang dimiliki oleh database Amerika. Mulai dari rekaman percakapan telepon, rekaman video CCTV, bahkan aktifitas di jejaring social dan lainyya. Pada Adegan ini ARIIA menujukan bahwa ia adalah sebuah program komputer bukan manusia seperti yang dipikir oleh Jerry dan Rachel.

Menjelang akhir film barulah tokoh ARIIA ini dimunculkan berupa sebuah sistem computer dalam ruangan besar yang dipenuhi bola -bola emas sebagai sensor. Pada beberapa adegan diperlihatkan pula ilustrasi bagaimana ARIIA mencari para tokoh pembantu operasi yang dijalankannya melalui data yang ia miliki. Diperlihatkan bagaimana ARIIA mencari tokoh yang sesuai dari pelosok Amerika hingga terperinci menuju kediaman tokoh-tokoh tersebut.Di akhir adegan diperlihatkan pula bagaimana ia menggunakan pola biomterik dari kembaran jerry dan juga suara sebagai password.

Beberapa teknologi yang muncul dalam film ini adalah face recognition system, speech recognition, finger print analysis, biometric analysis serta system control jarak jauh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *