Day 6: TSC

Hari ke-6 hari pertama kami belajar di sekolah. Kami berdelapan ditugaskan untuk melakukan observasi di Thebarton Senior College (TSC), salah satu senior highschool yang memiliki program vocational (VET). TSC berada di Ashley St, jika naik bus kita bisa berhenti di Bus Stop 6 atau 7 Ashley St. TSC menyediakan berbagai program pendidikan baik penyelesaian SACE melalui jalur reguler atau melalui jalur VET.

Kami disambut oleh salah seorang staff TSC. Kami dibrief tentang apa yang harus kami lakukan selama di sini. Jam pertama kami diajak berkeliling kampus agar kami mengenali ruangan mana saja yang akan kami kunjungi nanti. TSC memiliki beberapa gedung dan setiap gedung terbagi menjadi beberapa ruangan belajar. Beruntung kami disediakan tempat untuk Sholat oleh sekolah walaupun ruangan itu sebenarnya adalah ruang rapat. Siswa juga disediakan ruang Solat yang dapat digunakan selama jam makan siang, hanya ketika makan siang karena sebenarnya itu adalah ruang kelas yang kebetulan menggunakan karpet. Di sini ada beberapa siswa muslim yang berasal dari Afganistan atau Malasyia sehingg tidak begitu aneh jika ada beberapa siswa putri yang mengenakan kerudung. Fasilitas di sekolah ini sudah tidak perlu diragukan lagi, jika dibandingkan dengan sekolah negeri di Indonesia tentu jauh.

Di TSC hanya ada 3 sesi belajar, sesi pertama dimulai pukul 08.40 – 09.25 dilanjutkan dengan break 30 menit. Sesi kedua dimulai 10.55 dan berakhir pada pukul 12.20 dilanjutkan dengan lunch break. Waktu ini yang biasa kami gunakan untuk Solat dan makan siang. Usai makan siang sesi terakhir dimulai hingga berakhir pukul 15.05, khusus hari Senin hanya ada 2 sesi. Pukul 10.55 kami berempat, karena dibagi menjadi 2 kelompok, mengunjungi kelas kimia. Tak banyak siswa yang mengikuti kelas ini, namun hampir semua siswa aktif dalam kelas. Guru hanya menjelaskan sebentar teori yang sudah dipelajari minggu lalu dan membagikan jobsheet. Kelas kimia yang kami ikuti ini adalah Stage 2 dari SACE. Siswa terlihat mencoba menuntaskan sendiri pekerjaan yang diberikan dan bertanya jika mereka tidak paham, persis apa yang diharapkan dari kurikullum 2013.

Usai makan siang kami mengunjungi kelas Builiding Construction, bagian dari Certificate I General Building program VET. Siswa di kelas ini hanya¬† 8 orang. Guru memulai dengan mereview materi sebelumnya dengan meminta siswa membuat proses awal brick laying yaitu menempatkan “adonan” untuk menumpuk bata. Siswa diminta mengamatu dahulu video brick layering sebelum siswa melanjutkan kembali pekerjaan mereka. Guru melengkapi penjelasan dengan memberikan contoh dari yang diperlihatkan di video. Siswa kemudian diminta melakukan praktik brick laying sesuai dengan apa yang sudah dijelaskan, lagi-lagi seperti apa yang diinginkan kurikulum 2013.

IMG_3301

Di depan TSC

IMG_20140903_094724

Dapur untuk siswa

IMG_20140903_094743

Ruang makan untuk digunakan siswa

 

 

IMG_20140903_100354

Caffetaria (Kantin)  di TSC

IMG_20140903_100804

Karya siswa

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *