Day 4: Strengthen your strength

Senin ini adalah hari pertama the Real Training dimulai. Training kali ini diisi  oleh Knowledge Exchange Australia. Bu Rini Budiyanti, Pak Tomy Bawulang, Bu Sri Gustiani dan Bu Madelaine adalah jajaran pemberi materi kali ini. Kegiatan dibuka dengan pengenalan program oleh Bu Rini dilanjutkan dengan pengenalan culture oleh Bu Madelaine. Berikutnya dengan semangat ekstra Pak Tomy menyampaikan Apreciative Inquiry, sebuah hal baru bagi saya. Usai break makan siang giliran Bu Sri Gustiani menyampaikan Meta Cognition and Self Evaluation : Six Thingking Hats. Saya tidak akan menceritakan isi materi karena pasti tidak begitu menarik bagi banyak orang. Saya hanya  ingin menceritakan hal positif yang didapatakan di hari pertama pelatihan.

Melalui sesi hari ini kami semua diberikan sebuah penegasan bahwa peubahan mindset adalah yang paling penting. Cara pandang kami terhadap kehidupan yang “ribet dan susah: di Adelaide adalah hal pertama yang harus kami ubah. Dengan mengubah mindset katanya kami akan lebih mudah beradaptasi. Berikutnya pak Tomy mengingatkan kami bahwa seharusnya kita lebih sering mengapresiasi hal yang positif daripada fokus ke hal negatif., perkuat yang jadi kekuatan bukan membesarkan kelemahan. Strengthen your strength.

Di Sesi terakhir kami diajak untuk melihat masalah dari satu sisi melainkan berfikir dengan 6 cara dan sudut pandang. Six Thinking Hats. The White Hat : Mengumpulkan informasi, The Red Hat : perasaan yang mungkin ada di setiap masalah, the Black Hat: memunculkan masalah yang ada, the Yellow Hat: mencari kekuatan yang ada  the Blue Hat: memikirkan solusi dan the Green Hat: mencari alternatif penyelesaian masalah dengan kreatif.

IMG_3077

Sesi Our DreamSchool

IMG_3109

berfikir ala Red Hat Six Thingking Hats

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *