Day 11: Back to TSC

Setelah refreshing selama 2 hari kami kembali bertugas ke sekolah. Senin ini kami kembali melakukan observasi di Thebarton Senior College. Hari ini kami mengunjungi 2 kelas. Kelas pertama adalah kelas busines, tepatnya simulated business. Siswa yang mengikuti certificate on business beberapa kali dalam seminggu mengikuti kelas simulated business. Dalam pembelajaran simulated business tersebut terintegrasi beberapa pelajaran atau kompetensi. Ruangan kelas diatur sehingga menyerupai kantor lengkap dengan meja dan segala akat tulis. Ruangan ini juga terdiri dari space-space untuksetiap bagian seperti bagian front office, finance, Data managemenet dan lainnya. Setiap siswa menempati bagian dari kantor virtual tersebut secara bergiliran. Siswa mengerjakan pekerjaan sesuai dengan bidang kerjanya masing-masing. Virtual business yang dijalankan di TSC juga terhubung dengan virtual business dari sekolah lain. Mereka menjalankan transasi layaknya perusahaan asli.

Kelas berikutnya adalah food and hospitality. Di kelas ini sedang diadakan ujian praktik memasak. Kami diminta untuk mengenakan pakaian seuai standar operasional di kelas ini. Ruangan praktik di kelas ini seperti layaknya sebuah dapur di hotel atau restoran. Setiap siswa menggunakan 1 set furnitur dapur. Kami para observer mengamati kegiatan memasak sambil tak lupa mencicipi masakan karya siswa. Siswa diharuskan memasak satu masakan dari negara yang mereka pilih. Siswa melakukan sendiri mulai dari menyiapkan bahan hingga merapikan peralatan memasak. Makanan yang mereka masak setelah dinilai mereka makan pada saat jam makan siang.

Usai mengamati kedua kelas kami mendapat penjelasan tentang development program guru di TSC dilanjutkan dengan penjelasan tentang program VET dari kordinator program VET.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *