Day 1: First Overseas Flight

Penerbangan ke Adelaide ini adalah penerbangan pertama internasional pertama saya dan penerbangan kedua setelah penerbangan singkat BDG-JKT saat kuliah. Itu juga karena tuntunan tugas Radar dan Navigasi, thnx to Pak Rana Baskara kami dipaksa untuk mencoba terbang walaupun singkat sekali. Ternyata penerbangan internasional cukup ribet juga mulai dari keberangkatan hingga tiba di di negeri orang ini.
Di Bandara Sukarno Hatta pun ada beberapa tahap pengecekan barang, mulai dari masuk terminal, check in luggage hingga masuk ruang tunggu. Tapi ini belum seberapa dibandingkan saat tiba. Pesawat berangkat sekitar jam 8 malam, untungnya tidak delay seperti chat messenger. Di penerbangan ini tidak banyak yang bisa kita lihat walaupun tempat duduk saya dekat dengan jendela, sebetulnya tmpat duduk saya di tiket memang di samping jendela tapi teman sebelah minta tukar posisi dahulu, dan seperti pengalaman pertama naik pesawat sensai take off ini memang wow.Pelayanan penerbangan di pesawat ini membuat saya kagum walaupun bahasanya agak roaming. Mungkin memang begitulah SOP nya.
Setelah sekitar 1 jam terbang tibalah waktunya untuk makan malam, yaa ini juga makan malam pertama saya di pesawat. Menunya seperti menu di cafe internasional lah, kami bisa memilih antara menu “chicken” dan “beef”. Selain menu pilihan ada juga menu default roti beserta butter-nya dan susu dalam wadah seukuran jelly untuk anak-anak. Ini yang membuat saya bingung. Akhirnya hajar aja deh semua menu walapun roti g diolesi apapun. Untuk minum bisa pilih juga, dan saya pilih apple juice. Penawaran tidak berakhir sampai sini, setelah makan saya ditawari lagi teh atau kopi. Kali ini saya memilih untuk meminum air mineral yang sudah diberikan sebelum makan malam, supaya tidak terlihat maruk aja sih.
I can handle the dinner but the breakfast is a litle bit weird for me. Menjelang pagi waktu Sydney kami diberi sarapan dan kali ini tidak ada pilihan. Menunya adalah kue muffin dan yoghurt dengan pilihan minum teh atau kopi. Pilihan yang saya ambil sebagai minuman saat sarapan ini adalah teh. Muffin is okay, but yoghurt di pagi hari is not too good, mungkin sudah mendekati pagi tapi jam tangan WIB saya masih menunjukan pukul 2 pagi. Rasanya seperti sahur yang aneh, lebih aneh daripada sahur dengan menu junkfood restoran frenchise di BIP dengan minuman cola saat dulu masih di ozclub.